Thursday, February 28, 2013

My Daddy's Way


Pagi ini entah kenapa jadi keinget ama suwargi papah. Berandai-andai, andai papah masih ada, mesti sekarang lagi duduk di meja makan yang menghadap ke taman kecil di bagian belakang rumah, sarapan berdua sambil cerita-cerita tentang trip, kisah asmara, atau berita di tipi *break bentar elap aer mata pake kanebo*.

Diinget-inget, papah ini bijaksana juga. Entah kenapa, lagi keinget sekarang ajaran-ajarannya papah *hihihi anak durhaka*. Dan ajaran-ajaran papah yang bersifat soft skills ini ternyata berguna banget buwat mengasah mental mengarungi kehidupan dunia yang kejam menyayat hati sanubari *ceilaaaaahhh*

ini saia ^o^ bayi sehat! hihihi

1. Jangan meng-klakson sepeda, becak, dan andong!
"Pah, ko ga diklakson aja becak di depan?? jalannya nengah-nengah githu??" tanya saia si anak manja ini.
"Ga usah lah. kita khan uda enak-enak naek mobil, pake ac, adem. ngalah bentar. liat tho pak becaknya. uda kepanasan, capek, berat lho nggenjot (ngayuh) becak itu," jawab papah sambil senyum.

Jeglerrrr!!! Macem kesambar petir aja dapet jawaban kaya githu. Sejak peristiwa itulah saia jaranggggg banget ng-klakson kendaraan tak bermesin. Walopun nengah-nengah, dalam hati misuh-misuh (apa ya bhs indonya??) trimo ngalah. Liat pak becak yang betisnya sampe metekol (berotot), kulitnya item legam kebakar matahari, blom kringet segede gaban netes, rasanya ga tega. Ngalah bentar, sabar.


2. Belajar dulu budaya sendiri, baru belajar budaya yang laen.

"Pah, dd pengen belajar ballroom dance, ajarin ya pah," rengek si anak manja.
"Nari Jawa-mu uda sampe mana? besok klo narinya uda pinter, baru belajar ballroom dance ama temen papah," jawab papah.

Dari kecil, papah selalu memaksa buat harus bisa nari Jawa klasik. Jadilah saia sejak kelas 2 SD sampai SMA belakar nari Jawa Klasik di sanggar tari Yayasan Pamulangan Beksan Sasminta Mardawa, nDalem Pujokusuman, Jogja, kepunyaan KRT Sasminta Mardawa (Romo Sas nama bekennya), maestro tari Jawa klasik. Eh pas SMA sempet pindah dink, di Yayasan Siswa Among Beksa yang ada di nDalem Kaneman. Bahkan sampe permintaan itu saia ajukan lagi pas SMP, papah tetep blom ngijinin buat belajar Ballroom Dance. Jawabannya cuman nanti, bentar.

Sebenernya alesan utama kenapa pengen belajar Ballroom Dance, pengen papah punya partner dance. Sering liat, papah kadang nyetel musik trus dansa Waltz ato Chachacha sendirian *hiks, elap aer mata lagi pake kanebo*. Papah emang doyan banget ama namanya Ballroom Dance.

Papah palinhg sering ngajak dolan ke kraton, candi-candi, museum, pokoknya tempat-tempat sejarah ato budaya. Klo maen ke kraton, tiap ketemu tulisan aksara Jawa, pasti langsung bilang "ayo dibaca aksaranya!". Jadilah saia lancar membaca aksara Jawa Hanacaraka. Walopun sekarang uda mulai luntur sich *hihihi*.

konon katanya, dulu papah punya kuda pas kecil. jadi hobi naek kuda. ganteng kudanya potonya

Sering juga diajak ke Cepuri, Parangkusumo buwat meditasi. Saia sich ga ikut meditasi, cuman seneng liat langit yang gelap penuh bintang kelap-kelip sambil ngapalin nama-nama rasi bintang. Kadang juga ke rumah temennya papah yang pembuat ato kolektor keris. Sambil sedikit-sedikit diterangin seluk beluk keris. Hobi utama papah koleksi keris! Sayangnya dulu ga sungguh-sungguh yang belajar keris, sekarang jadi bingung dech gimana ngrawat keris yang banyaknya minta ampun ini *hiks ampuni anakmu ini papah*.

Tiap pulang sekolah SD, pas njemput pasti papah uda sedia baju ganti. Nah ini artinya ga bakal langsung pulang ke rumah *ahay!*. Mobil pun langsung melaju ke arah Timur Jogja. Artinya bakal maen ke candi-candi *asiiiikkkkk*. Hampir semua candi uda pernah saia datengin ama papah.

Yang paling seru pas ke Candi Ijo di kawasan Candi Boko. Waktu itu penasaran ada papan tulisan "Candi Ijo arah sini". Langsung dech si jeep ini mlipiri jalan sesuai petunjuk papan tadi. Naek... Naek... Ko ga nemu-nemu candinya. Jalannya masih tanah waktu itu, becek dan berlumpur kena hujan. Mentok sampe atas tetep ga ketemu candinya, akhirnya nanya ke penduduk, ternyata candinya masih tahap pembangunan kembali *doenk!! ngapain juga dipasang papan arah*. Pas puter balik, eee ban si jeep kejebak lumpur ampe muter-muter ngepot nerbangin lumpur kemana-mana *aduh bingung nulisnya, dibayangin sendiri yak*. Ssssseruuuuu gilaaakkkk!!! Ban ama body jeep penuh lumpur coklat!! *hihihi*

Ini yang membentuk pola dolan saia sekarang. Entah kenapa saia ga hobi banget namanya ng-mall, kecuali kalo emang lagi butuh beli apa githu. Tapi mata saia langsung berbinar-binar klo diajak pergi ke museum, candi, kraton, dan situs sejarah ato budaya lainnya, atau ke pantai. Termasuk diajak nonton wayang. ;D

Papah hobi banget dolan dari jaman beliau muda. Haduw mungkin ini jadi bawaan gen yak napa saia juga jadi hobi dolan. Rasanya klo ga dolan lama thu badan jadi linu-linu semua, mood juga jadi berantakan. Sampe klo saia di rumah lagi bad mood mrengut muka ketekuk-tekuk, mesti disuruh maen ke luar biar ceria lagi. :D


3. Be a great navigator!

Who said women can't read map ?? I DO CAN READ MAP!

Dan saia berterimakasih sekali sama papah karena uda dibiasain baca petunjuk arah, ngapalin jalan ama peta dari kecil. Dulu waktu masih kecil di Jakarta, klo mo pergi ke TMII ato Sea World di Ancol *tempat favorit* papah selalu tanya, "habis ini belok kemana? trus lewat mana?" Alhasil mau ga mau ini mata melek pas di jalan. Ngapalin jalanan. Klo sampe engga hapal, bisa dihina-dina di bully ama si papah. Gengsi lahh!!

Kebiasaan ini yang akhirnya membentuk si otak cerdas ini buat pinter di jalan. Skill yang berguna banget buat ng-trip. Saia jadi terbiasa buat merhatiin petunjuk jalan, ngapalin jalan, baca peta dulu sebelum maen ke kota yang blom pernah didatengin. Ditambah klo lagi selo (senggang), papah sering ngajak mblusuk-mblusuk (apa ya bhs indonya ??) nyobain jalan baru, semacam jalan tikus. Klo buntu? ya tinggal mundur, balik arah. Dan ini kebiasaan saia sampe sekarang klo pas waktu selo.


4. Cakra Manggilingan (roda kehidupan itu berputar).

Papah selalu bilang klo melihat itu ke bawah, jangan mendongak ke atas terus *ya iyalah ke atas, masa mendongak ke bawah*. Hidup itu gaaaaa selamanya di atas terus. Pasti ada saat-saat dimana kita di bawah, lagi susah. Melihat ke bawah juga ngajarin kita buat selalu bersyukur. Masih banyak orang yang kesusahan. Kita yang hidupnya enak, ada rumah buat tidur, bisa makan teratur, harus selalu bersyukur ama Gusti Allah.

Berteman juga jangan ama yang kaya aja. Harus mau dan bisa bergaul ama sapa saja, termasuk wong cilik. Ga heran sich, papah temennya ampe pak-pak becak ma tukang parkir juga. Dan sampe skr bapak-bapak ini masih sering mbantuin di rumah klo di rumah lagi ada gawe *hiks, peres kanebo lagi, dapet sepertiga galon*.

Jadi inget kata-kata mutiara, teman sejati adalah yang ada di samping kita saat kita sedang kesusahan *tsaaahhhhhh*.

wow... si papah sixpacks juga kale ya pas masa mudanya :-o

5. Syukur itu memberi (cuplikan puisi Terry Perdanawati).

Di hari ulang tahun anak-anaknya, papah selalu ngrayain di panti asuhan. Berbagi sedikit kebahagiaan dengan mereka yang di panti.
"Hidupmu itu enak. masih ada orangtua. mau minta apa aja, diturutin. liat itu anak-anak di panti. ada yang orangtuanya uda ga ada dari kecil, mau sekolah aja susah," kata papah.


6. Baca! Baca! Baca!

Waktu kecil, tiap mau tidur, saia pasti didongengin dulu, atau baca buku sendiri. Biasanya sich buku dongeng dunia atau cerita rakyat. Klo papah mau pulang ke Jogja (dulu papah kerja di Jakarta, jadi sempat tinggal pisah), papah pasti tanya ke anak-anaknya mau pesen dibeliin buku apa. Walaupun kebanyakan buku komik, lama kelamaan jadi mbiasain saia buat seneng mbaca.

Saia jadi punya cita-cita yang sampe sekarang blom terwujud, suatu saat nanti saia ingin punya perpustakaan kecil buat anak-anak di desa biar mereka pada bisa dan seneng baca. Yap, suatu saat nanti saia pasti harus bisa bikin perpustakaan! *nadzar*


 7. Belajar berdiskusi dan bertanggung jawab ama pilihan sendiri.
"Pah, dd pengen gini ne pah. boleh ga?," rengek saia.
"Hmmm... klo papah sebenernya lebih suka kamu gini-gini-gini karena bla-bla-bla. klo dd, alesannya kenapa ko pengen itu?," papah bersabda.
Seinget saia *ahh maapkan ingatan saia yang jelek ini* papah jaraaaaaangggg banget langsung bilang "engga boleh!". Beliau pasti selalu bilang pendapat beliau, alasan beliau mengijinkan atau tidak mengijinkan sesuatu. Lalu bertanya balik, alesan kita. Klo memang kitanya ngotot pengen nglakuin hal itu, papah selalu pesen, yang jadi pilihan kita, harus bisa kita pertanggung jawabkan nantinya. Rada syerem sich, tapi secara ga langsung papah ngajarin anak-anaknya buat bertanggung jawab ama pilihan-pilihan yang diambil *tsaaahhh, lempar poni*.


8. Makan harus habis, mubazir ntar!
 "Ambil dikit-dikit dulu, kalo kurang baru nambah!" pesen papah.

Maksudnya, pas makan, jangan sampe makanan yang kita makan sisa. Mubazir! Pas kecil, sering saia diboongin, klo nasi yang dimaem sisa, ntar Dewi Sri nangis. Jadilah saia klo tiap makan yang diinget Dewi Sri pake kebaya jarikan lagi nongkrong di tengah sawah sambil nangis tersedu-sedu *siyallll!! beneran kebayang ini di pikiran sampe sekarang*.

Klo dipikir-pikir sich bener juga. Klo kita makan sering sisa, lama-lama jadi boros. Padahal masih banyak orang di luar sana yang bahkan buat makan aja belum tentu sehari bisa 3x. Sementara kita yang bisa makan sehari 5x *eh, keceplosan* bergizi pulak, mbuang-mbuang makanan dengan gampangnya.

Klo kata saia sich, "Makan harus habis, karena siapa yang tau berkah makanan itu ada dimana. Bisa jadi ada di suapan terakhir." *pantes aja badan jadi segede gini, sigh! salah konsep*

heran, kumis si papah kenapa masih item yak?? disemir kali yak hmmm..


9. See you, soon!

Papah selalu ngajarin buat bilang 'sampai jumpa lagi/see you' daripada 'selamat jalan/bye'. Di kalimat 'see you' terkandung harapan dan doa agar kita bisa bertemu lagi dengan orang itu. Sementara 'bye' seakan-akan kita ga bakal lagi bertemu ama orang itu atau kita ga berharap buat bisa bertemu ama orang itu lagi.


10. Jangan pernah minta-minta dibelikan barang sama pacarmu!

Nah, ini BIG NO NO!! dari titah papah. Beliau ga suka anak-anaknya utang budi ama cowo pacarnya. Minta-minta boleh, asal klo uda jadi suami *aseeeek*, ga boleh punya utang budi ama pacar.

Tapi ada kecualinya sich.... Boleh dikasi barang ama pacar, asal itu pas ada event. Misal sebagai hadiah ulang taon *hihihihihi pengecualian yang menyenangkan*.

Dan ini jadi kebiasaan sich, nda minta-minta dibeliin ini itu ama pacar *baca: pas dulu punya pacar*. Wong beli sendiri aja bisa ko. Saia juga ga masalah klo makan yarwe (yarwe: bayar dewe a.k.a. bayar sendiri). Gengsi donk apa-apa dibayarin ama pacar, kecuali klo suami sendiri. Pacar khan bukan mesin atm. :p


11. Jadi cewe harus bisa mandiri!

Walopun aslinya saia ini anak manja, tapi papah mendidik anak-anak cewenya harus bisa  mandiri. Ga tergantung ama suami *nantinya*.
"Kamu harus bisa cari duit sendiri. Harus bisa mandiri tanpa tergantung suami. Karena klo sampe ada apa-apa dengan suamimu yang buruk, kamu harus bisa berdiri sendiri demi anak-anakmu dan keluargamu!" sabda papah.
Bagi saia, ini ajaran papah yang paling mantab. Mandiri! Dan terbentuklah saia yang sekarang ini. Kadang klo liat yang pada pacaran antar jempur pacarnya terus, suka mikir, itu pacar apa sopir *setengahnya iri sebenernya hahahahahaha*. Suka kasian juga ama mas-mas yang dengan muka manyun nungguin cewenya lagi belanja baju berjam-jam. Bodyguard apa pacar mba?? *hihihihihi*



Sebenernya sich masih banyak lagi ajaran-ajaran super si papah, Mario Teguh kalah deh *iyalah, papah sendiri mesti dibela*. Tapi ko yang nyangkut di otak cerdas ini cuman yang sebelas di atas itu tadi. Haduw apakah ini tanda-tanda menua ya Allah?? *hiks*

Ahh... Pasti banyak yang bertanya-tanya kenapa ko kayanya saia cerita terus tentang papah dan ga ada cerita tentang mamah. Well, mamah uda lebih dulu dipanggil ama Gusti Allah waktu umur saia belom genap 2 taon. Jadi mau ga mau ya cuman kenal dan deketnya ama papah. Papahlah yang membentuk seorang Ari Dhamayanti ini sampai menjadi seperti ini *tsaaaahhh bahasanya bo', goyang lemak di lengan*.

eaaa... malu-malu pas nikah... hihihi

Intermezzo dikit, si kakak pertama pernah cerita, waktu mamah meninggal, dan si kakak ini (waktu itu umur sekitar 8 th) nangis tersedu-sedu, papah bilang,
"Dini ga boleh nangis. Mamah itu cuman titipan, bukan punya dini, papah, ato siapapun. Nah, sekarang mamah diambil lagi ama yang punya mamah, yaitu Gusti  Allah. Sekarang dini boleh nangis, tapi nanti kluar dari mobil (ambulan) uda ga boleh nangis lagi ya."

*meres kanebo lagi, dapet dua per tiga galon, lumayannnnn*

Teringat dulu saat papah meninggal, entah kenapa saia ga nangis. Entah karena mungkin saia uda terasa sebelumnya ato gimana. Sekitar sebulan sebelum saia berangkat kerja ke Jakarta, saia liat wajah papah berseri-seri, bercahaya, padahal sebelumnya ga pernah. Cuping hidungnya pun rata ke belakang mendekati kepala. Konon kata guru agama saia dulu pas SD, tanda-tanda orang yang sebelum meninggal seperti itu *konon lho ini*.

Papah meninggal saat beliau sedang tidur menunggu waktu sholat subuh, sekitar jam 4 pagi. Selesai tahajud, biasanya memang papah tidur bentar sampai adzan subuh. Saat itu posisi saia di Jakarta dan jam 5 pagi kakak ipar saia menelepon mengabarkan papah meninggal. Jawaban saia saat itu hanya, "ok mas, kita flight jam berapa ke jogja?" *dem, cool sekali saia, ga tau dapet kekuatan darimana bisa se-cool ini*


Ciuman di pipi, di jidat, dan pelukan 2 minggu yang lalu sebelum saia berangkat kerja ke Jakarta ternyata jadi yang terakhir dari papah. Mungkin saja hari Kamis itu saia memang ga nangis sama sekali saat papah dipanggil sama Gusti Allah dan sampai saat papah dikuburkan. Tapi sampai saat ini, hampir 5 tahun berselang, saia masih sering nangis diem-diem klo inget papah.

Hei pah, anak bungsumu yang manja ini rindu saat-saat sarapan atau makan siang di meja makan kita bercerita ngalor ngidul atau sekedar curhat kisah cinta monyet. Rindu saat kita berbicara cerdas tentang suatu berita atau sekedar berkomentar tentang penampilan pembawa berita di MetroTV. Dan sampai saat ini ada satu keinginan papah yang blom kesampaian,
"Dek, ayok kapan klo kamu uda lulus sekolah, kita keliling Jawa naek jeep!"

R. Soekadari bin RM. Soekadas
lahir: Yogyakarta, Kamis Pon 27 Juli 1939
meninggal: Yogyakarta, Kamis Pon 10 April 2008


Time flies. I wish I could share my stories to you.
See you, papah.
La Dolce Vita :')

*meres kanebo yang terakhir, eh uda dapet 1 galon. brb! ganti aq*ua galon di rumah. lumayan ga usah beli galon*

1 comment:

  1. Yak!! Kamu berhasil bikin akuh nangis, lagi.

    ReplyDelete